BPJN Sulteng Mantapkan Jalan di Kabupaten Touna dan Kabupaten Morut Lewat Program IJD

BPJN Sulteng Mantapkan Jalan di Kabupaten Touna dan Kabupaten Morut Lewat Program IJD

BPJN Sulteng Mantapkan Jalan di Kabupaten Touna dan Kabupaten Morut Lewat Program IJD

Sulteng, Warta Adhyaksa - Balai pelaksana jalan nasional Sulawesi Tengah yang dinahkodai Arief Syarif Hidayat terus mendorong kualitas layanan publik demi mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi, salah satunya program peningkatan konektifitas jalan daerah melalui Intruksi Presiden nomor 3 tahun 2023.

Penelusuran tim reportase 15/12/2023 di wilayah kerja PPK 3.1 peningkatan ruas jalan Marowo-Bongka Makmur Kecamatan Ulubongka di Kabupaten Tojo-Una-una Sulawesi Tengah. Jalan yang awalnya rusak dengan badan jalan krikil berubah total dengan jalan yang mulus beraspal dengan progres fisik terbilang cepat seperti pekerjaan badan jalan, pasangan batu, serta pekerjaan gorong-gorong.

Kepada tim reportase PPK 3.1 Kamaruddin Dg Sikki, menjelaskan bahwa paket IJD diruas jalan Marowo-Bongka Makmur penanganan efektip sepanjang 13,80 kilometer dengan lapis aus AC-WC.

Menurutnya, proyek IJD diyakini mampu memberikan daya saing daerah dalam pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan konektifitas jalan daerah merupakan program strategis Presiden Jokowi untuk wilayah penyangga ekonomi agar masyarakat mudah mendistribusikan hasil pertanian dan perkebunan menuju pusat penjualan terdekat, termasuk ke pasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah, pusat kesehatan, serta pusat pemerintahan.

Kamaruddin menambahkan, terdapat 2 paket IJD yang menjadi kewenangan PPK 3.1 tahun 2023 yakni diruas jalan Marowo-Bongka Makmur serta diruas jalan Panca Makmur Bencue, kedua paket IJD diyakini akan tuntas pada akhir tahun 2023.

Peningkatan ruas jalan Panca Makmur-Becue

Proyek ini berlokasi di Kabupaten Morowali Utara dengan lingkup pekerjaan yakni lapis penetrasi dengan panjang sekitar 12,30 kilometer, dengan konstruksi badan jalan AC-WC serta pekerjaan lainya yakni pembuatan gorong-gorong, serta pekerjaan pasangan batu.

Peningkatan infrastruktur jalan melalui program IJD mendapat beragam apresiasi warga di 2 Kabupaten, salah satunya disampaikan Rizal warga Tojo Una-una 15/12/2023, sebagai warga dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten karena jalan utama yang dilalui menuju kebun saat ini sudah berasapal, nyaman dilintasi. Berbeda sebelum dikerjakan badan jalan dihiasi krikil tajam dan ektra hati-hati saat melintas.

Jika musim hujan digenangi air dan sulit dilalui, begitupun ketika musim kemarau jalanannya berdebu.

" Apresiasi atas kepedulian pemerintah karena tahun ini desanya mendapatkan bantuan perbaikan jalan " jelasnya

Akses jalan semakin baik sangat membantu warga sekitar dalam beraktifitas, kalau sebelumnya tidak terurus saat ini tampak mulus.

Sekedar diketahui, pembangunan infrastruktur jalan yang berkualitas menjadi intrumen penting dalam transformasi ekonomi karena biaya logistik semakin terkendali.

Akselerasi peningkatan infrasrtuktur jalan yang dilaksanakan pemerintah pusat melalui intruksi presiden yakni menjawab kebutuhan betapa vitalnya keberadaan jalan dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Meningkatnya sektor konektovitas memberikan dampak besar dalam memutus disparitas antar wilayah 2 Kabupaten yakni Tojo Una-una dan Kabupaten Morowali Utara di provinsi Sulawesi Tengah yang menerima bantuan IJD tahun 2023.

Terkait inpres jalan daerah di Kabupaten Morowali Utara, Bupati Delis J Hehi medio April 2023 dalam keterangannya menjelaskan, bahwa Kabupaten Morowali Utara mendapat bantuan peningkatan ruas jalan senilai Rp115 miliar melalui dana APBN. Bantuan tersebut merupakan hasil lobi yang intensif yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Kepala BPJN Sulteng Arief Syarif Hidayat bersama Kepala dinas PU Morowali Utara Destuber Mato'ori di kantor BPJN Sulteng.

Pemkab Morut kata Bupati Delis mengusulkan beberapa ruas namun yang disetujui oleh Kementerian PUPR hanya tiga ruas jalan karena terkait pengembangan industri di Mori Utara dan Soyo Jaya.

Sementara Kepala dinas PU Morut Destuber mengatakan, proyek tersebut akan ditangani langsung oleh BPJN Sulteng, kita berharap akhir tahun 2023 ruas jalan Panca Makmur-Bencue sudah beraspal mulus. TIM

Tags :

bm
Created by: Redaksi