Dukung Pemenuhan Air Bersih, Pemkab Buol Bangun SPAM Jaringan Perpipaan Kumaligon

Program prioritas pemerintah Kabupaten Buol, sebagai upaya mitigasi terhadap dampak kekeringan, memastikan pemenuhan air bersih berkelanjutan.

Dukung Pemenuhan Air Bersih, Pemkab Buol Bangun SPAM Jaringan Perpipaan Kumaligon

Buol - Dalam Rangka mendukung pemenuhan kebutuhan air minum, pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Buol melalui dinas teknis, tahun anggaran 2023 sedang melaksanakan hajatan mulia pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan TPA Kumaligon.

Langkah tersebut sebagai upaya mitigasi terhadap dampak kekeringan, serta memastikan pemenuhan air bersih dan sanitasi berkelanjutan.

Berdasarkan pantauan tim reportase media tergabung, pekerjaan proyek sedang digenjot, tampak di lokasi para pekerja sibuk melakukan aktivitas masing-masing, seperti pekerjaan galian pipa untuk memastikan distribusi air minum di kawasan permukiman warga dengan cepat termanfaatkan.

Proyek ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah yang terus berupaya meningkatkan infrastruktur sanitasi melalui sistem penyediaan air minum yang layak kepada masyarakat, khususnya di Kelurahan Kumaligon dan sekitarnya.

Beberapa item pelaksanaan yakni pekerjaan instalasi, pekerjaan jaringan pipa distribusi dan aksesoris, pekerjaan instalasi solar panel dan jaringan transmisi, serta pekerjaan pengadaan jaringan pipa sambungan rumah ( SR ), ujar Karno pemilik pekerjaan dalam sambungan telpon beberapa waktu lalu.

Kebutuhan air minum meningkat secara tajam sejalan dengan pertumbuhan atau populasi manusia, sementara disisi lain beberapa daerah sulit mendapatkan air bersih karena dampak dari degradasi lingkungan.

Di Kabupaten Buol, pemerintah daerah terus berupaya agar seluruh wilayah memiliki layanan sanitasi yang aman. 

Maka dengan terlaksananya kegiatan pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan TPA Kumaligon, mencerminkan komitmen Pemkab Buol melayani warganya melalui berbagai program pembangunan.

Keberadaan air bersih sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari utamanya warga di Kelurahan Kumaligon. Sehingga dengan demikian Pemkab Buol terus berupaya memberikan perhatian serius terhadap pemenuhan kebutuhan air minum yang layak kepada masyarakat.

Air minum merupakan kebutuhan dasar, sehingga sistem penyediaan harus tepat dan memenuhi kebutuhan hidup, berkualitas, efektif, sehat, yang terintegrasi dengan sektor sanitasi.

Dengan pemenuhan akses sanitasi yang menyeluruh, hal ini dapat mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pembangunan berkelanjutan.

Seperti yang sedang digenjot saat ini di Keluhan Kumaligon, melalui bidang cipta karya dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kabupaten Buol 2023. ( TIM )

Tags :

bm
Created by: Redaksi